bisnis sampingan guru

4 Bisnis Sampingan Guru Yang Menguntungkan

Posted on

4 Bisnis Sampingan Guru Yang Menguntungkan

Guru adalah profesi yang mulia, mencerdaskan bangsa, dan kini seiring dengan dinaikkannya anggaran pendidikan maka gaji guru, berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau ASN (Aparatur Sipil Negara) juga sudah menjadi lebih baik dan meningkat, namun belum dengan guru yang berstatus sebagai honorer, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya guru pun harus menambah penghasilan dari bisnis sampingan. Berikut ini adalah bisnis sampingan guru yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya sebagai guru.

Memberikan les privat atau bimbingan belajar

Salah satu bisnis sampingan yang cocok untuk guru adalah memberikan les privat atau bimbingan pelajar yang dapat dilakukan di sore hari atau di malam hari atau di akhir pekan. Apalagi jika menguasai lebih dari satu mata pelajaran maka bisa membuka les untuk lebih dari satu mata pelajaran.

Dengan mengambil pekerjaan sampingan ini juga, maka guru bisa sambil menyalurkan bakat kreatifnya untuk mengajarkan metode-metode cara penyelesaian soal atau cara mengerjakan soal dengan cara singkat dan praktis atau mengajarkan praktikum ilmu pengetahuan alam di luar ruangan yang mungkin tidak bisa diajarkan dan kurang waktu jika diajarkan di kelas dan lain sebagainya. Adapun tempat lesnya bisa di rumah  sehingga bisa menghemat waktu dan biaya transportasi, atau jika ruangan untuk mengajarkan les tidak tersedia bisa mengajar di tempat tinggal peserta les.

Titip jualan makanan atau hasil kerajinan tangan dan lain sebagainya di koperasi sekolah

Bisa juga dengan mencoba menitipkan barang dagangan, yang bisa berupa makanan atau minuman, atau baju dan aksesorisnya di koperasi sekolah atau menjualnya dengan secara online. Barang dagangan tersebut bisa berupa hasil karya produksi sendiri  atau mengambilnya secara dropship atau sebagai reseller. Bisnis seperti ini tidak akan terlalu banyak menyita waktu.

Memanfaatkan Sisa Lahan

Bisa juga jika ada lahan kosong di rumah yang menganggur, maka bisa dijadikan sebagai tempat untuk bercocok tanam buah atau sayuran atau aneka tanaman jamu tradisional, mulai dari daun sirih yang banyak manfaatnya, daun lidah buaya, kunyit, kunir dan lain sebagainya, atau bisa juga dimanfaatkan untuk berternak ayam atau kambing  atau sapi atau dijadikan sebagai kolam ikan.

Selain bisa untuk refreshing sepulang mengajar juga akan bisa memberi tambahan penghasilan. Sesuaikan bisnis sampingan dengan hobi masing-masing sehingga akan bisa menjalaninya dengan gembira dan tidak akan merasa terpaksa atau menjadi beban tambahan baru. Lahan atau kamar yang kosong jika ada juga bisa disewakan menjadi kamar kos-kosan, bisnis ini juga tidak akan menyita waktu dan bisa dijalankan dengan mudah.

BACA JUGA: Tambah Uang Sakumu Dengan Bisnis Sampingan Kecil-kecilan untuk Pelajar

Penerjemah dan Pemandu Wisata

Jika memiliki keahlian bahasa asing maka bisa juga mengambil kerja sambilan sebagai penerjemah  ataupun menjadi local guide bagi para wisatawan manca negara yang datang berkunjung, hal ini akan banyak dan mudah dilakukan di kota yang juga sudah terkenal menjadi destinasi wisata.

Itulah beberapa bisnis sampingan guru yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya sebagai guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *