bisnis sampingan modal kecil

Bisnis Sampingan Modal Kecil Les Privat

Posted on

Memiliki bisnis sampingan modal kecil kini menjadi idaman semua orang terutama mereka yang ingin menambah penghasilan bulanan mereka. Namun, apakah bisnis sampingan modal kecil ini benar-benar ada dan bisa dikerjakan serta memberikan profit atau keuntungan seperti yang diinginkan mengingat setiap memulai usaha seseorang harus menyediakan modal yang jumlahnya relatif besar? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah bisa.

Semua tergantung dari kreativitas dan keuletan masing-masing pribadi yang ingin menjalaninya. Jadi, jika Anda ingin memiliki bisnis sampingan modal kecil yang bisa mengalirkan rupiah ke dalam pundi-pundi bulanan Anda, salah satu alternatifnya adalah dengan membuka les privat.

Mengapa Memilih Les Privat Sebagai bisnis sampingan modal kecil?Materi pelajaran sekolah sekarang sangat berbeda dengan materi satu atau dua dekade lalu. Pesatnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan membuat program pendidikan dirancang sedemikian rupa untuk bisa mengimbangi kemajuan tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, banyak pelajaran sekolah yang kurang bisa dipahami atau dimengerti oleh orang tua dimana mereka butuh seseorang untuk membantu anak-anak mereka belajar dan mengerti materi yang diajarkan di sekolah. Peluang inilah yang Anda ambil untuk bisnis sampingan modal kecil Anda yaitu dengan membuka les privat.

Persiapan Mengelola Les Privat Sebagai bisnis sampingan modal kecil AndaUntuk memulai sebuah les privat memang tidak mudah. Ada banyakhal yang harus Anda siapkan dan pertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Jenis Les Yang Anda InginkanSebelum Anda melangkah lebih jauh, tentukan terlebih dahulu jenis les privat yang ingin Anda tekuni. Apakah Anda ingin memberi les yang berupa mata pelajaran sekolah secara umum seperti Matematika, IPS, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau Anda hanya ingin membuka les privat khusus untuk bahasa asing baik Bahasa Inggris, Perancis, mandarin, Jepang dan lain-lain. Mungkin juga Anda ingin membuka les privat untuk anak pra-sekolah yang berupa calistung (baca-tulis-hitung)

2. Tentukan Target PasarSetelah tahu jenis les privat apa sebagai bisnis sampingan modal kecil Anda, tentukan target market Anda (kecuali jika Anda memilih calistung karena target marketnya sudah jelas). Apakah Anda ingin mengajar khusus anak SD, SMP atau SMU atau bahkan Anda membuka peluang untuk mengajar ketiganya.

3. Cari SDM yang kompetenUsahakan agar guru yang Anda pilih kompeten dan memiliki cara jitu mengajar anak-anak sesuai dengan umur mereka. Usahakan mencari guru yang bisa berinteraksi dengan baik dengan calon murid dan disukai mereka baik pribadinya maupun cara mengajarnya yang fun.

4. Siapkan Sarana dan prasarana pendukungAnda tidak harus menyewa tempat dengan biaya lumayan untuk awal bisnis sampingan modal kecil Anda ini. Menggunakan garasi atau salah satu ruang di rumah yang tidak terpakai bisa Anda jadikan modal. Usahakan agar ruangan kondusif untuk belajar dengan menyediakan kenyamanan bagi siswa siswi Anda. Melengkapi ruangan dengan AC atau minimal kipas angin, papan tulis atau meja dan kursi yang nyaman serta ruangan yang bersih dan rapi rasanya cukup mewakili.

5. Berikan Promo Menarik di bisnis sampingan modal kecil Anda ini.Agar menarik banyak pelanggan, berikan diskon, pernak-pernik maupun stationery kepada calon murid dan murid-murid yang aktif terdaftar di tempat les Anda.

Demikian uraian tentang Bisnis sampingan modal kecil untuk Mengelola Les Privat, semoga bermanfaat Amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *