bisnis sampingan pelajar

Tambah Uang Sakumu Dengan Bisnis Sampingan Kecil-kecilan untuk Pelajar

Posted on

Tambah Uang Sakumu Dengan Bisnis SampinganKecil-kecilan untuk Pelajar

Jika pelajar pada umumnya masih mendapatkan uang saku dari orang tua, kamu bisa menjadi berbeda dari teman-temanmu. Selain memiliki uang saku dari orang tua, kamu juga bisa mendapat tambahan yang bisa kamu tabung atau untuk membeli kebutuhan pribadimu. Memulai bisnis sampingan pelajar tentu tidak membutuhkan banyak modal dan menyita banyak waktumu sebagai pelajar. Berikut ini beberapa bisnis sampingan yang bisa kamu jalani untuk mendapat uang saku lebih:

  1. Berjualan Pulsa dan E-Money

Pelajar jaman sekarang tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan gadget, bahkan untuk membeli makanan sekalipun layanan ojek online menjadi alternatif yang banyak digunakan. Selain itu, kuota internet menjadi hal yang juga dibutuhkan untuk bersosial media maupun bermain game mobile.  Kamu bisa memanfaatkan bisnis sampingan ini untuk menambah uang kamu. Bermodalkan smartphone mu, kamu bisa mulai menjual pulsa dan uang digital seperti Gopay atau OVO kepada teman-temanmu. Banyak agen penjual yang bisa kamu temukan dan memberikan harga beli minim kepadamu.

  1. Berjualan makanan kecil

Jika orang tuamu memiliki usaha kuliner, atau tetangga, atau saudaramu yang setiap hari membuat makanan kecil, kamu bisa ikut berjualan di sekolah. Mulailah menawarkan pada teman-teman sekelas, seangkatan, lalu ke angkatan lainnya.  Dari sini kamu bisa mengambil keuntungan dari setiap makanan yang terjual. Meskipun tidak terlalu banyak, namun bisa kamu tabung dan kumpulkan untuk membeli kebutuhan pribadimu tanpa mengurangi uang sakumu.

  1. Bisnis Online

Jika kamu gemar bersosial media atau betah lama di forum jual beli online, kamu bisa belajar berwirausaha kecil-kecilan. Jika bisnis online dirasa membutuhkan banyak dana, sistem dropship bisa menjadi alternatif bagimu yang memiliki modal terbatas. Sistem ini membuatmu bisa menjual barang tanpa harus kulakan terlebih dahulu.

  1. Blogger

Blog merupakan halaman digital yang bisa kamu kelola secara pribadi. Jika kamu memiliki kegemaran menulis, di bidang apapun, maka media ini bisa menjadi alternatif menyalurkan kegemaranmu. Jika kamu berharap menjadikan tulisanmu sebagai bisnis sampingan pelajar, maka proses yang akan kamu jalani cukup panjang sebab kamu membutuhkan konsistensi menulis serta kualitas tulisan yang cukup baik. Blogger yang memiliki konten berkualitas serta konsisten dalam menulis memiliki peluang besar dilirik oleh brand atau penerbit tertentu. Namun dalam jangka panjang, tulisan dalam blogmu bisa menjadi sebuah portofolio bila ingin terjun di bidang penulisan.

BACA JUGA: 5 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Agar Lebih Produktif

  1. EO Skala Kecil

Untuk membuat sebuah Event Organizer memang membutuhkan banyak sekali persiapan. Namun sebagai pelajar, kamu bisa mempelajari berbagai dasar-dasar mengorganisir sebuah acara. Targetnya adalah dengan menjadi penyelenggara bagi acara teman-temanmu seperti ulang tahun atau sekadar membuat acara kejutan. Tidak perlu mematok harga yang terlalu tinggi dahulu, jadikan bisnis sampingan pelajar ini sebagai sebuah batu loncatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja dan berorganisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *