Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa

5 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Agar Lebih Produktif

Posted on

5 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Agar Lebih Produktif

Bagi kamu yang sedang mengalami perjalanan menjadi mahasiwsa, jika kamu bukan tipikal mahasiswa yang mengejar kelulusan secepatnya tentu memiliki banyak waktu luang di antara waktu studimu. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau mendapat pengalaman di luar bidang studimu, ada banyak bisnis sampingan yang bisa menjadi tambahan uang saku untuk nongkrong di akhir pekan. Berikut ini 5 bisnis sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu jalani :

  1. Penulis Artikel

Jika kamu suka menghabiskan waktu dengan membaca atau membuat tulisan tertentu, cobalah kembangkan hobimu untuk suatu hal yang bisa menghasilkan. Menjadi penulis bisa menciptakan peluang tambahan uang yang cukup lumayan sembari kamu menikmati kebiasaanmu. Mulai dari rajin mencari dan mengikuti lomba menulis, menjadi penulis lepas online, hingga rajin mengirim tulisan ke berbagai media massa bisa membuat hobimu menjadi produktif.

  1. Berjualan Online

Sekarang ini membuat suatu usaha jual beli barang bukan menjadi hal yang sulit. Bisnis sampingan untuk mahasiswa yang satu  ini tidak memerlukan modal besar, sebab kamu tidak membutuhkan tempat besar seperti toko. Berbagai barang bisa kamu pilih untuk bisnis ini, mulai dari barang kerajinan, peralatan dapur, atau apapun yang bisa kamu temukan. Ada pula sistem dropship yang membuatmu bisa mendapat keuntungan tanpa mengeluarkan banyak modal.

  1. Jual-Beli Barang Bekas

Sebagai mahasiswa tentu kamu memiliki banyak teman yang tinggal di kos-kosan.  Barang-barang yang digunakan selama perkuliahan sering kali mereka tinggal begitu saja setelah mereka lulus. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas tersebut untuk dijual kembali, tentu saja dengan seizin mereka. Kamu bisa menawarkan kepada adik-adik angkatan yang baru mulai kuliah, atau menjualnya melalui media sosial.

  1. Les Privat

Jika kamu bisa memahami dan mengikuti kurikulum pendidikan dasar-menengah, tidak ada salahnya kamu mencoba menjadi guru les privat. Kamu bisa meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk mengajar anak-anak SD-SMA. Hal ini bisa sekaligus menjadi ajang belajar untuk kamu yang mengambil jurusan pendidikan, sekalian mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Programmer Web

Bagi kamu yang kuliah di jurusan yang berkaitan dengan pemrograman komputer, kamu bisa menawarkan ilmu yang kamu miliki untuk membuat web bagi orang lain.  Peluang ini cukup menjanjikan sebab hampir semua bidang usaha saat ini mempergunakan website sebagai salah satu cara promosi mereka. Buatlah portofolio sebanyak-banyaknya, contoh web, serta referensi domain yang bisa kamu tawarkan pada teman atau tempat usaha yang kamu kenal terlebih dahulu.

BACA JUGA : 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk PNS

  1. EO

Jika kamu memiliki waktu luang yang lumayan banyak, serta memahami bagaimana memanajemen kegiatan, maka EO adalah peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan. Ada banyak bidang yang kamu organisir dan memberikan hasil yang cukup lumayan.  Rangkulah beberapa teman dekatmu untuk menjadi tim inti dari EO yang kamu buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *