cara memulai bisnis property

Cara Memulai Bisnis Property Yang Sukses

Posted on

Bisnis property merupakan usaha yang sedang tumbuh pesat di negera kita. Jika Anda adalah pribadi muda yang dinamis, ambisius, dan selalu ingin tahu mengenai bisnis yang sedang berkembang, maka bekalilah diri dengan belajar ilmu pengetahuan tentang bisnis yang cukup sebelum terjun ke dunia usaha tersebut.

Syarat utama dari bisnis property ini, yaitu sikap konsisten dan jujur dalam menjalani usaha ini. Developer beda jauh dengan kontraktor, developer adalah pihak yang merangkai keseluruhan bisnis dari segala lininya, mulai dari pencarian lokasi, pembelian lahan, pengurusan surat ijin, pembangunan rumah hingga penjualan rumah pada BAST (Berita Acara Serah Terima) dengan pembeli (end user).Belajar bisnis properti memang tak memandang usia, ada anak muda usia 23 tahun yang sudah memiliki pembangunan apartemen, atau townhouse dengan proyek senilai Rp.20 milyar ke atas, namun kebanyakan dari mereka adalah anak pengusaha atau anak direksi sebuah bank yang jelas memiliki akses dalam hal modal.

Meski demikian, banyak orang yang tidak berlatar mapan ekonomi justru membalikkan arah kemapanan ekonominya dengan properti. Fauzi Saleh pemilik Perumahan Pesona Kahyangan, yang juga merupakan landmark bisnis properti ternama yang dimiliki kota Depok. Pak Fauzi mulanya bekerja hanya menjaga bangunan dan gudang, lalu bekerja sebagai tukang taman, ketika bekerja menjadi tukang taman inilah ia mendapat rejeki lumayan yang hasilnya bisa dibelikan untuk membeli tanah, dan kemudian dibangun dari hanya membangun satu rumah dia bisa membangun ribuan unit rumah.

Langkah awal dalam belajar memulai bisnis property adalah membangun referensi abstrak, referensi terbaik adalah buku-buku, akrabi industri yang akan digeluti dengan membaca banyak buku yang berhubungan dengan industri yang akan kita masuki, di toko buku Gramedia banyak sekali buku-buku yang membahas ilmu properti juga di Internet, pelajarilah dengan baik referensi itu, karena saat kita membaca banyak buku atau informasi di internet, kita akan mengenal berbagai macam aliran gagasan juga analisa terhadap industri yang kita minati sehingga kita dapat dengan lekas mendeteksi cara kerja sebuah industri.

Langkah selanjutnya, bangun hubungan dengan orang-orang yang berpengaruh dalam sebuah industri. Skill terpenting dalam bisnis properti adalah Negosiasi. Diungkapkan oleh Donald Trump, pelaku kawakan properti dari Amerika Serikat “Negosiasi adalah oksigen dalam bisnis kita, jika kau tidak mampu brnegosiasi dalam bisnis ini, kau sama saja hidup dlam ruangan tanpa oksigen”. Membangun hubungan sama halnya membangun negosiasi, siapa sajakah yang bisa bilang terlibat dalam bisnis property ini:
– Pemilik lahan
– Pemilik modal
– Kontraktor/bisa juga jaringan supplier bahan bangunan
– Arsitek
– Birokrasi Tata Ruang Kota
– Lingkungan yang mendukung
– Customer/calon pembeli property
– Pihak Perbankan
– NotarisBelajar bisnis property nampaknya tidak sulit, hanya butuh belajar, lalu mempraktekannya. Lalu,siapkan Anda untuk menjadi developer sukses selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *