usaha sampingan guru honorer di desa

Peluang Usaha Menambah Penghasilan Guru Honorer di Desa

Posted on

Peluang Usaha Menambah Penghasilan Guru Honorer di Desa

Gaji guru honorer menjadi sebuah isu yang sudah lama dan tidak bisa dilepaskan dari kenyataan bahwa penghasilan anda jauh di bawah angka wajar untuk hidup setiap bulan, terlebih lagi bagi anda yang mengajar di daerah desa. Oleh karena itu, tuntutan mendapatkan penghasilan tambahan menjadi suatu kewajiban yang harus kamu usahakan agar kehidupanmu tetap terjamin. Menjalankan bisnis sampingan selepas mengajar bisa menjadi tambahan penghasilan yang menguntungkan. Berikut ini 5 usaha sampingan guru honorer di desa yang bisa kamu lakukan :

  1. Budidaya ikan Konsumsi

Jika kamu memiliki halaman tempat tinggal yang cukup luas, kamu bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk dibuat menjadi kolam ikan. Buatlah beberapa kolam berukuran cukup besar untuk membudidayakan ikan konsumsi seperti lele, nila, maupun bawal. Ikan-ikan air tawar ini relatif lebih mudah dibudidayakan dan tidak banyak memakan waktu kamu. Yang pasti, siapkan kolam untuk pemijahan, penetasan, dan pembesaran ikan.

  1. Budidaya burung berkicau

Burung berkicau menjadi salah satu primadona yang banyak dipelihara oleh orang Indonesia saat ini. Adanya berbagai kontes dan perlombaan burung berkicau menjadi salah satu daya tarik burung-burung ini. Mulai dari kenari, love bird, cucak hijau, hingga murai batu memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bila anda baru memulai mengenal burung berkicau, Love Bird dan Kenari merupakan jenis burung yang relatif mudah diternakan.

  1. Pembesaran Ayam Bekisar

Ayam bekisar yang merupakan silangan ayam hutan dengan ayam kampung ini merupakan salah satu ayam hias yang cukup mahal.Tidak heran bila keuntungan budidaya ayam bekisar ini cukup menjanjikan. Bagi pemula, kamu bisa memilih menjadi pembesar ayam hias ini. Kamu bisa mulai dengan beberapa ekor anak bekisar jantan,  harga seekor anakan bekisar jantan berkisar antara 75-100 ribu rupiah per ekor untuk usia di bawah 1 bulan. Sementara ketika sudah berumur 3 bulan, harga jualnya mencapai 250 ribu rupiah per ekor. Cukup menguntungkan bukan ?

  1. Berjualan Pakan Ternak

Kebanyakan orang di daerah desa harus pergi cukup jauh untuk membeli pakan ternak di sekitar pinggir kota, atau pasar hewan. Jika disekitar tempat tinggalmu banyak memiliki ternak, kamu bisa membuka kios kecil-kecilan yang menjual pakan ternak. Kamu bisa membelinya setelah pulang mengajar, dan membuka kios di sore hari. Keuntungan 1000-2000 rupiah per kilogram  dari usaha sampingan guru honorer di desa ini cukup lumayan jika dikumpulkan setiap minggunya.

BACA JUGA : 5 Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Agar Lebih Produktif

  1. Bisnis Pulsa 

Di daerah pedesaan, jarang ditemukan penjual pulsa. Ini bisa jadi solusi usaha sampingan guru honorer di desa. Saat ini pulsa seluler menjadi hal yang lazim dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar. Kamu tinggal mencari agen pulsa di sekitar desa atau pinggiran kota yang bisa memberikan harga miring untuk setiap pulsa yang kamu beli, dan bisa kamu jual lagi dengan harga pasar normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *